thanks for visit my blog^^

Selasa, 28 Oktober 2014

Perjalanan Masuk PTN


Hai hai,ketemu lagi nih..
Kali ini aku mau cerita tentang perjalanan ku untuk mendapatkan satu bangku perkuliahan. Waktu masih kelas satu dan dua SMA itu rasanya kalo ditanya mau lanjut kuliah dimana dan jurusan apa rasanya lancar banget buat jawab “kalo gak fkg UGM ya teknik pangan IPB atau minimal akademi kimia analisis deh” . Tapi,pas udah masuk kekelas 3? Galau banget. Udah mulai tau gimana susahnya buat dapet bangku PTN. Nah pas kelas 3 itu mulai tumbuh rasa rasa cinta sama PTN satu satunya di Bogor yaitu “Institut Pertanian Bogor”  kenapa bisa cinta? Karena waktu itu aku diajak nemenin temen baik ku si muti berkunjung ke sana. Ah gila,keren deh pokoknya.Nah,dari situ aku ambisi banget buat masuk itu kampus.
Pas kelas 3 itu ada jalur masuk PTN namanya jalur SNMPTN,waktu itu aku ambil IPB teknik pangan sama ilmu gizi. Sengaja ngambil yang favorit,karna aku mikir mau masuk lewat tes aja. Kalo lewat SNMPTN itu kan berdasarkan nilai rapot dan akreditasi sekolah,jadi aku kurang sreg aja. Nilai rapot aku gak murni,jujur aja nih aku pernah nyontek hehe. Tapi,ini kesalahan terbesar aku. Gak memanfaatkan jalur ini dengan baik. Pas pengumuman udah ketebak,gak lolos. Sedih sih,akhirnya nyoba lagi di jalur SBMPTN,jalur ini tes tulis. Duh,soalnya lumayan bgt. Di SBMPTN ini aku lagi lagi Cuma milih IPB ,jurusan ilmu keluarga dan konsumen,komunikasi,sama apa gitu aku lupa. Belajarnya kurang maksimal. Lagi lagi gak masuk. Mulai deh galau banget. Mau kuliah dimana? Rasanya tuh.. duh nyesel banget deh. Karna masih ambisi banget masuk IPB, aku nyoba lagi tes tulis IPB, namanya tesnya “Ujian Talenta Masuk IPB” tesnya mahal banget,biayanya 500rb dan yang diterima Cuma 7-11 orang per prodi. Karna gak mau tambah nyesel,aku belajar dengat giat. Pas tes sih lancar, pede banget bakal masuk. Tesnya itu pas bulan puasa,dari jam 07.00-16.00 lama banget dan banyak bgt.  Pas pengumuman.. gak lolos lagi. Gak percaya banget pokoknya kalo gak lolos.  Kecewa banget.
Pas kelas 3 aku sebenernya juga ngincer program diploma IPB program keahlian “manajemen industri jasa makanan dan gizi” akhirnya aku ikut jalur terakhir buat bisa masuk IPB,jalur tes reguler D3,daftarnya pake nilai rapot sama tes tulis. Pas daftar,jurusan yang aku incer itu pake tinggi badan,berhubung tinggi badan ku yang kurang jadi dengan sangat terpaksa dan kecewa,milih jurusan lagi.Karna ini jalur terakhir, aku belajar gila gilaan,ibadah juga. Sholat hajat sampe 3x. Dan pengumumannya itu seminggu setelah ujian. Pas  besokannya pengumuman,aku gak bisa tidur nyenyak,kebangun mulu. Pas kebangun jam 1pagi,aku buka webnya dengan harap harap cemas. Belum ada pengumuman.pas paginya juga, udah ditanyain berkali kali sama ortu aku masuk apa enggak. Ditungguin sampe dzuhur juga belum ada. Katanya sih di twitter sekitar jam 2an. Kayaknya hari itu hari yang paling lambat waktunya gara gara nungguin gak tenang.Aku mantengin info terus di twitter,akhirnya di official IPBnya udah dikabarin pengumuman udah bisa diliat. Dag dig dug banget. Dan pas masukin nomer pendaftaran,nomer pendaftarannya salah. Aaargh rasanya kesel banget. Akhirnya aku masukin ulang dan tulisannya? Alhamdulillah aku diterima di teknologi dan manajemen produksi perkebunan. Terharu banget dan lega banget. Akhirnyaaa.. sebenernya aku udah dapet beasiswa di 2 perguruan tinggi swasta dan 1 akademi keperawatan swasta,tapi karna ambisiku masuk IPB aku abaikan semuanya huehehehe. Begitulah perjalanan panjangku. Semoga menginspirasi yaa haha. Oh ya buat ade ade kelas yang sekarang dalam fase galau (kelas 3 maksudnya) dipikirin baik baik ya mau masuk ptn mana,jurusan apa dan cari info sebanyak banyaknya :) 

2 komentar:

  1. Hai ka firda, aku baru aja ditolak sbm dan rasanya sediih banget karena ngecewain org tua (lagi). Aku jg mau ikut tes d3 reguler ipb, aku dari sukabumi dan pgninta saran ka firda mending ambil komunikasi disukabumi atau bogor? Hati aku penhen bogor tapi kayanya peluang besar disukabumi. Dan aku ngerasa udh 4x ditolak apa lebih baik pilih yg peluangnya besar? Makasi ka sebelumnya

    BalasHapus
  2. Hai ka firda, aku baru aja ditolak sbm dan rasanya sediih banget karena ngecewain org tua (lagi). Aku jg mau ikut tes d3 reguler ipb, aku dari sukabumi dan pgninta saran ka firda mending ambil komunikasi disukabumi atau bogor? Hati aku penhen bogor tapi kayanya peluang besar disukabumi. Dan aku ngerasa udh 4x ditolak apa lebih baik pilih yg peluangnya besar? Makasi ka sebelumnya

    BalasHapus