thanks for visit my blog^^

Kamis, 23 Oktober 2014

Tentang Minyak Goreng


Hai,ketemu lagi nih sama Firda,kali ini firda mau share tentang  minyak goreng dari kelapa sawit. Dalam kehidupan sehari hari ,minyak goreng sering banget kita konsumsi *bukan diminum tapi ya :D .
Pembahasan pertama kita,adalah mitos bahwa gorengan bikin batuk karna minyak nya.  Sebenernya,bikin batuk apa enggaknya itu adalah akrolein yang terbentuk dalam minyak karena minyak dipanaskan melebihi titik asapnya. Berapa sih titik asap minyak?kira” sekitar 215o celcius. Karna ngukurnya ribet tuh kalo mesti pake termometer, cara yang lebih gampang ,liat aja kalo minyaknya berasap,berarti udah ngelampauin titik asapnya. Kalo udah ngelampaui titik asap,minyak juga bisa merubah lemak tak jenuh jadi lemak jenuh penyebab kolestrol.Selain karna melampaui titik asap, akrolein juga bisa terbentuk karena minyak terlalu sering dipakai.Batas pemakaian minyak itu 3 kali, kalo udah 3 kali udah gak layak pakai lagi.
Pembahasan kedua adalah minyak goreng yang baik untuk kesehatan tuh yang gimana sih? Jadi,yang baik itu warnanya merah ,bukan bening,bukan keemasan. Minyak kelapa sawit yang masih merah itu masih mengandung betakaroten provitamin A sebanyak 600-1000 mg , Karotenoid yang ada di dalam minyak adalah provitamin A yang gampang banget buat diserap oleh sel mukosa saluran pencernaan manusia untuk diubah menjadi vitamin A atau retinol dengan potensi konversi sebesar 98%. Mantep banget kan? Tapi ini Cuma minyak kelapa sawit yang warnanya merah ya. Sayangnya,belum ada di Indonesia nih guys, diluar negeri sih ada.. Tapi minyak merah ini dalam pemakaiannya gak dipakai buat ngegoreng,tapi untuk campuran salad atau sekedar menumis aja guys, kenapa?karna betakaroten provitamin A itu gampang banget rusak pada suhu tinggi.
Untuk sementara,ini dulu ya guys info dari firda,moga bermanfaat. Oh ya,lagi lagi ini adalah info dari dosen di kampus tercinta :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar