thanks for visit my blog^^

Sabtu, 27 Desember 2014

Cerita Penuh Dosa



Hai, hari ini aku mau berbagi cerita. Cerita sedih sih.. tapi yakin deh, kesedihan ini cuma bisa kerasa kalo ngalamin sendiri. Well,aku gak pernah ngarepin sih ada lagi yang ngerasain ini.  Tapi, temenku ngalamin hal yang sama kayak aku,jadi yaa.. ikut sedih banget dan jadi inget luka masa lalu.
Buat anak yang ditinggal meninggal sejak kecil oleh ayahnya, ibunya adalah segalanya. Sang pelita hati, penerang di kala kegelapan. Bertahun tahun cuma berdua,dan aku ngerasa gak ada yang kurang suatu apapun dalam hidup. Walau dari harta yang seadanya (pas mau liburan ada,pas mau beli baso ada , dll :D) seenggak nya gak pernah kekurangan kasih sayang. Walau ayah udah gak sama sama kita di dunia. Cita cita anak yatim itu sederhana,bisa berkumpul kembali dengan ayah tercinta di surga.
Aku dari dulu anak rantau, dari smp udah masuk pesantren dan jauh banget dari mama. Mesti naik pesawat dulu kalo mau pulang. Tapi aku nikmatin aja,dengan ini bisa belajar mandiri kan?. SMA aku di kota kelahiran. Mama di pulau kalimantan sama mbah. Tiap lebaran pulang, dan pertemuan yang terbatas itu udah cukup buat ngecharge semangat pas balik lagi ke bogor. Tapi,pas udah kelas tiga, hawa segar (ceilaah) berhembus. Mama sama mbah pindah ke bogor. Rasanya? Seneng banget. Pas banget momentnya. Masa masa pusing karna harus mempersiapkan diri untuk menjalani UN dan tes masuk PTN pasti bakalan kerasa mudah dan semangat.
Pas temen temen tau mama pindah ke bogor aku di cie ciein. Cie yang udah sama mama sekarang belajarnya semangat banget. Yaialah,gimana gak semangat pergi pamit sama mama,pulang ada masakan mama. Mungkin agak lebay bagi kalian yang dari lahir sampe udah gede bisa terus terusan sama orang tua,tapi bagi anak rantau its a something to be happy.
Tapi gak berlangsung lama, sekitar 3 bulan mama disini,dia mau nikah. Di lamar sama orang lampung. Dan kabar buruk selanjutnya adalah nanti mama tinggal sama dia di lampung. Mulai deh agak agak galau gitu. Dan yang paling tau cuma temen temenku. Lamaran dilangsungkan di bogor, hari kamis waktu itu. Untunglah,ada alesan buat gak ikutan acara itu. Aku bilang aku mau sekolah,ada pelajaran kimia,sayang kalo gak masuk . Sebenernya emang disuruh izin, tapi ya itu tadi alasannya,mending sekolah,belajar kimia sama temen dan guru dari pada harus nahan sakit ngikutin acara itu. Untungnya temen tau banget aku lagi kacau. Mereka ngerti banget. Rasanya sebentar banget ngerasain jadi “anak normal” selama 3 bulan terus mesti kayak dulu lagi. Aku mulai berubah, pada bilang kemarin bertahun tahun jauh kuat,kenapa sekarang enggak? Jawabannya ada 3, pertama aku udah terlanjur ngerasain enaknya tinggal bareng dan yang kedua kondisi nya beda banget karna mama jauh  sama suami barunya, dan yang ke 3 janda yang menikah itu gak bakalan ketemu suami pertama yang udah meninggal di surga,so harapan ngumpul bercengkrama di bawah pohon surga udah telak banget gak bakal jadi nyata.
Akhirnya sampe ke hari dimana besoknya mama nikah. Aku rame rame sekeluarga berangkat ke lampung. Di bandara sih sok tegar,walau aku yakin besok gak bakalan bisa tegar. Pas sampe sana aku jadi sombong banget gitu, badmood karna wedges baru merek donatello nginjek tanah kuning pedesaan. Bukannya sok anak kota,tapi ya luka menghitamkan hati. Malemnya aku gak bisa tidur, bantal basah.
Besoknya aku bangun. Tukang rias dateng, ngedandanin mamaku. Cuma mamaku, padahal kalo di tradisi keluarga ayah atau mbah, semua sanak sodara dapet seragam dan didandanin. Sekali lagi,luka menghitamkan hati. Nikahan di adain di rumah, dan maaf banget, acara nikahan mama sama arisan bulanan di keluarga ayah,kayaknya gak jauh beda,malah mewahan arisan. Pokoknya kacau banget , aku mungkin jadi orang pikirannya tersombong di dunia hari itu.
Mc udah tes mic, aku duduk disamping mbah di barisan depan. Aku gak kuat, aku bilang sama mbah aku mau ke toilet karna kebelet, mbah agak kecewa tapi akhirnya ngebiarin aku. Di kamar mandi aku nangis, aku nyoba nguatin,aku gak boleh egois, aku gak bakalan bisa selamanya jaga mama.,tapi aku juga agak gak sreg mama nikah. Aku keluar kamar mandi, di semacam ruang makan itu aku duduk, orang orang ngeliatin aku karna aku nangis pas acara nikahan. Aku tau disitu pasti sodara sodaranya,tapi pada gak ngenalin aku. Tapi tiba tiba ada ibu ibu yang meluk aku dan bilang “astaghfirullah firda,jangan nangis,maafin kami,ikhasin mama ya nak” aku gak tau itu siapa,tapi kata kata itu cukup buat aku nangis tambah ngejer dan orang orang pada noleh. Aku dipapah ke kamar, kayaknya kamar pengantin karna ada tas mamaku, gaada dekorasi cantik,Cuma kamar biasa. Disana aku dikasih teh anget,dipeluk,dikuatin,tapi aku masih nangis ngejer. Suara ijab kabul kedengeran karna micnya cukup kuat. Dan pas semua orang bilang “Sah” aku nangis sejadi jadinya sambil ngegelengin kepala, gak kuat nerima kenyataan. Ibu ibu yang meluk aku juga ikutan nangis, aku sebenernya ngerasa bersalah udah bikin orang sedih karna aku,padahal ini mestinya hari bahagia. Setelah acara doa gak lama mbah,tante,sama omku nyamperin aku. Mbah meluk aku sambil nangis juga bilang “sabar firda,firda gak sendirian,kan ada mbah” dan kata kata yang maksudnya buat nguatin itu bikin tambah aku ngerasa buruk.
Pendek cerita lusanya aku balik ke bogor, mbah bawa aku jalan jalan sama keluarga ke the jungle,lumayan lah refreshing. Aku ngehargain banget usahanya buat ngehibur aku. Dan mulai saat itu aku berjanji,hal pertama yang aku lakuin pas aku sukses adalah ngajak beliau umroh.
Setelah itu aku balik lagi kesekolah dengan firda yang baru. Firda yang udah agak susah buat ketawa,yang semua nilainya turun drastis. Sampe pas UN nilai anjlok semua, gagal SBMPTN, gagal UTM IPB, pokoknya parah. Hancur semua. Kata temenku aku termasuk kuat, sukur sukur gak bunuh diri atau masuk rumah sakit jiwa. Tapi ini semua change my life, drastis. Untungnya temen temen deket selalu support dan pacarku gak pernah bosen buat bikin aku bangkit. Big thanks buat mereka, sayang banget sama mereka.
Pas aku gagal semuanya, aku ngerasa bersalah. Mama  punya hak untuk bahagia, dia butuh seseorang,dan aku coba buat nerima. Walau masih sakit dan aku yakin walau aku nanti udah punya anak masih bakal kerasa sakit,aku coba jalanin hidup lagi dengan sebagaimana mestinya. Udah cukup kegagalan kegagalan yang sebelumnya. Aku inget terus janji aku sama diri sendiri mau ngajak umroh mbah. Dan here i am, mahasiswi tingkat 1 yang mau naik ke tingkat 2 diploma Institut Pertanian Bogor,life is struggle,seberat apapun beban,kita Cuma perlu pengalih biar lupa beban itu. Ikhlas itu bisa walau susah, dan sedalam apapun luka,jadikan rasa sakitnya sebagai cambuk untuk menjadi lebih baik.
Buat temenku yang masalahnya juga sama kayak aku,semangat ya,jangan sekacau aku J                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar